CIRI CIRI PLANET DALAM TATA SURYA

CIRI CIRI PLANET DALAM TATA SURYA

CIRI CIRI PLANET DALAM TATA SURYA

Ciri Planet

Ciri Planet

Setiap planet mengelilingi Matahari pada garis edarnya masing-masing. Garis edar planet disebut orbit. Sementara itu, gerakan planet mengelilingi Matahri disebut revolusi planet. Semakin jauh jarak planet dari Matahari, semakin pang lintasan yang dilaluinya. Artinya, waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali revolusi semakin lama. Waktu yang diperlukan planet untuk satu kali revolusi disebut periode revolusi. Selain melakukan revolusi, semua planet juga berputar pada sumbunya masing-masing. Gerak planet pada sumbunya disebut rotasi planet.
Apakah perbedaan Matahari dengan planet? Matahari merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Sementara planet adalah benda langit yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri. Meski demikian, planet terlihat sebagai benda bercahaya. Ini terjadi karena planet memantulkan cahaya Matahari. Agar kalian memiliki gambaran tentang planet, cermati uraian berikut.

1. Merkurius
Merkurius merupakan planet terdekat Matahari yang berupa bola batu berkawah dengan diameter 4.875 km. Suhu permukaan Merkurius yang menghadap Matahari bisa mencapai 425 C. Sementara suhu bagian yang tidak
mendapat sinar Matahari sangat rendah, yaitu -180 C. Merkurius mempunyai periode revolusi 87,97 hari dan periode rotasi 59 hari.
2. Venus
Venus merupakan planet terpanas dalam tata surya. Ini dikarenakan permukaan Venus tertutup awan (atmosfer) yang tebal. Atmosfer ini memerangkap panas Matahari yang diterima Venus. Venus lebih besar daripada Merkurius dengan diameter 12.119 km. Suhu permukaan Venus mencapai 470 C. Venus mempunyai periode revolusi 224,7 hari dan periode rotasi 243 hari. Venus bisa terlihat di ufuk timur sebelum Matahari terbit. Venus juga terlihat di ufuk barat sebelum Matahari tenggelam. Venus sering disebut bintang kejora.
3. Bumi
Bumi merupakan satu-satunya planet yang ditempati makhluk hidup. Ini karena Bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen dan tersedia cukup air. Suhu permukaan Bumi rata-rata 22 C sehingga memungkinkan adanya makhluk hidup. Bumi berjarak 150 juta kilometer dari Matahari. Untuk sekali revolusi, bumi membutuhkan waktu setahun (365¼ hari). Sementara itu, ia melakukan satu kali rotasi selama satu bulan (30 hari). Bumi berbentuk bulat yang agak pepat di bagian kutubnya. Diameternya di bagian kutub sebesar 12.714 km, sedangkan daerah khatulistiwa 12.757 km.
4. Mars
Mars adalah planet keempat yang terdekat dari Matahari. Jarak Mars dari Matahari sekitar 228 juta km. Diameter planet Mars 6,794 km. Permukaan Mars bersuhu antara –133°C sampai 27°C. Atmosfer planet Mars terdiri atas gas nitrogen dan karbon dioksida. Mars berevolusi dalam waktu 687 hari. Waktu rotasi Mars adalah 24,6 jam. Pada permukaan Mars banyak terdapat kawah-kawah. Jika dilihat dari Bumi, kawah-kawah tersebut tampak seperti bercak-bercak hitam. Planet Mars disebut sebagai planet merah. Mengapa demikian? Jika dilihat dari Bumi dengan mata telanjang, planet Mars tampak kemerah-merahan. Apakah Mars memiliki satelit? Ya, Mars memiliki dua satelit, yaitu Phobos dan Deimos.

5. Yupiter
Yupiter atau Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.
Jarak rata-rata antara Yupiter dan Matahari adalah 778,3 juta km. Yupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter 149.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9 jam 55 menit, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun.
Di permukaan planet ini terdapat bintik merah raksasa yang disebut Badai Besar Abadi. Atmosfer Yupiter mengandung hidrogen (H), helium (He), metana (CH4) dan amonia (NH3). Lapisan atas atmosfer Yupiter terdiri dari 88 – 92% hidrogen dan 8 – 12% helium. Suhu di permukaan planet ini berkisar dari -140°C sampai dengan 21°C. Seperti planet lain, Yupiter tersusun atas unsur besi dan unsur berat lainnya. Yupiter memiliki 68 satelit, diantaranya Io, Europa, Ganymede, Calisto (Galilean Moons).
Yupiter atau Jupiter juga dikenal sebagai planet berwujud gas. Di sekitarnya terdapat banyak materi berupa batu meteor yang sering jatuh ke dalam Yupiter. Disebutkan bahwa materi – materi itu jatuh setiap periode 15 tahun, tetapi terkadang periode jatuhnya batu meteor tersebut meleset. Jatuhnya materi – materi batu meteor itu akan menjadi salah satu sebab semakin memadatnya Yupiter. Tidak tertutup kemungkinan, suatu saat Yupiter akan padat seperti Mars tanpa gas.
6. Saturnus
Saturnus adalah planet keenam dalam tata surya. Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. Saturnus berupa bola gas yang berwarna seperti
gula merah pucat. Diameternya lebih dari 120.000 km. Saturnus mempunyai lingkaran bercahaya yang mengelilinginya. Lingkaran cahaya itu dinamakan cincin Saturnus. Suhu maksimal di permukaan Saturnus adalah -85 oC. Planet ini memiliki periode revolusi sekitar 29,5 tahun dan periode rotasi 10,2 jam.
7. Uranus
Jarak Uranus sangat jauh dari Matahari. Suhu permukaannya sangat dingin, yaitu -183 oC. Diameter Uranus mencapai 50.800 km. Uranus memiliki periode rotasi 10 jam 49 menit dan periode revolusi 84,02 tahun. Atmosfer Uranus terdiri atas metana yang berwarna biru. Akibat gas alam ini, Uranus berwarna biru menakjubkan.
8. Neptunus
Neptunus merupakan planet terluar dalam sistem tata surya. Jaraknya yang sangat jauh dari Matahari menyebabkan Neptunus sangat dingin. Suhu permukaannya
mencapai -205 oC. Diameter Neptunus sekitar 44.600 km. Neptunus mempunyai periode revolusi 165 tahun.
Sementara itu, periode rotasinya sekitar 16 jam. Planet ini memiliki awan biru terang yang membuat keseluruhan planet terlihat biru. Di atas awan biru terdapat awan es yang bergerak mengelilingi planet.banc de binary malaysiaподбор слов adwords

Leave a Reply

comment-avatar

*