Ini Dia Film Pendek Whiplash, Cikal Bakal Film yang Menang Oscar 2015

Ini Dia Film Pendek Whiplash, Cikal Bakal Film yang Menang Oscar 2015

Ini Dia Film Pendek Whiplash, Cikal Bakal Film yang Menang Oscar 2015
Sebelum Whiplash, ada film pendeknya yang berjudul sama dan tetap memperlihatkan akting menyeramkan J.K. Simmons sebagai instruktur band jazz. Tonton di sini.

Sudah menonton Whiplash? Film ini telah memenangkan tiga Oscar dalam ajang Academy Awards ke-87 pada kategori Editing Terbaik, Sound Mixing Terbaik, dan Aktor Pendukung Terbaik untuk J.K. Simmons. Whiplash juga masuk nominasi kategori Skenario Adaptasi Terbaik dan Film Terbaik. Peraihan tiga Oscar bagi Whiplash ini mengejutkan dan bikin terharu Damien Chazelle, sang sutradara sekaligus penulis skenario.

Ketika Tom Cross menerima Oscar untuk kategori Editing Terbaik dan mengucapkan terima kasih kepada tim pembuat dan sutradara Whiplash, mata Damien Chazelle pun berkaca-kaca. Jalan Damien dan Whiplash untuk meraih apresiasi yang tinggi di ajang Oscars memang terbilang dramatik. Ide Whiplash berawal dari pengalaman Damien gabung dalam sebuah band jazz saat masih duduk di Princeton High School.

Ia lalu menciptakan karakter Terence Fletcher, konduktor sekaligus instruktur band yang kejam dan keras pada anggota band, dalam skenario Whiplash yang setebal 85 halaman. Skrip itu pun masuk daftar Black List tahun 2012. Inilah daftar yang berisikan skenario-skenario film feature panjang terbaik dan potensial tapi belum dapat kesempatan untuk diproduksi.

Hingga akhirnya, Right of Way Films dan Blumhouse Productions tertarik memproduksi lebih dulu versi film pendek Whiplash sembari juga untuk menarik minat investor guna mendanai versi film feature panjangnya. Damien lalu membuat skenario sebanyak 15 halaman untuk film pendek Whiplash, dan Johnny Simmons terpilih sebagai Andrew, si drummer, serta J.K. Simmons sebagai Terence Fletcher.

Film pendek ini lalu terpilih untuk masuk Festival Film Sundance tahun 2013 dan sukses meraih pujian serta minat para investor untuk membiayai produksi versi film panjangnya. Alhasil, Bold Films menggelontorkan dana sebesar 3,3 juta dolar AS untuk biaya produksi film feature panjang Whiplash dengan J.K. Simmons tetap sebagai Terence Fletcher, sedangkan Miles Teller menjadi Andrew menggantikan Johnny Simmons.

“Saya tidak ingin lagi melihat seorang manusia di layar. Saya ingin melihat monster, gargoyle (sosok yang mewakili wujud iblis dalam tradisi Gereja Katholik, red), seekor binatang,” ujar Damien ketika mengarahkan akting J.K. Simmons untuk film pendek Whiplash.

Tonton film pendek Whiplash yang tetap memperlihatkan begitu seramnya J.K. Simmons sebagai Terence Fletcher dan adegan emosional yang intens dalam waktu 18 menit.смартфоны продажаhomes for sale in the united states

Leave a Reply

comment-avatar

*