Samuel Zylgwyn Pernah Alami Penyakit Seperti Rano Karno

Samuel Zylgwyn Pernah Alami Penyakit Seperti Rano Karno

Penyakit Bell’s Palsy tengah menjadi topik pembicaraan saat ini. Apalagi setelah penyakit tersebut menyerang Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno. Siapa yang menyangka hal serupa juga pernah dialami Samuel Zylgwyn pada 2010 lalu.
“Bell’s Palsy itu menyerang saraf wajah. Saraf inti wajah itu ada 12. Dan dia menyerang ke nomor 7. Nomor 7 itu sifatnya membekukan sementara. Setengah organ muka, baik itu mata ataupun bibir. Jadi bibir kita nggak bisa senyum, mata nggak bisa nutup dua-duanya. Gue ngalamin sampai bisa normal lagi itu delapan bulan,” kata Mue, sapaan akrabnya saat ditemui di kawasan Cibubur pada (6/3).

Mantan kekasih Gracia Indri ini juga menceritakan tentang kejadian beberapa waktu silam, saat mengalami Bell’s Palsy. Menurutnya, kondisinya saat itu sedang drop, sehingga virus jadi lebih gampang masuk dalam tubuh.
“Karena waktu itu ada angin sepoi-sepoi gue lagi syuting, gue gelar tempat tidur, gue tiduran sekitar 20 menit, pas bangun kayak ngerasa sakit gigi, nyut-nyut gitu, kebetulan syuting pulang pagi. Pulang nggak enak badan, dikerok, besoknya udah mulai miring (mukanya) sama mata nggak bisa nutup. Kenapa muka, karena masuknya dari kuping atau hidung. Itu kejadiannya memang tiba-tiba dan gue juga nggak nyangka. Itu gue juga masih umur 22 atau 23 gitu,” ujarnya menceritakan kejadian beberapa tahun silam.

Untuk pengobatannya, selain ke dokter, Mue juga melakukan akupuntur, mengunyah permen karet, sauna dan segala sesuatu yang bisa menggerakkan wajah (senam wajah) serta membuat wajah menjadi hangat. Pemain 7 Manusia Harimau ini juga menyarankan untuk tidak kontak langsung dengan angin.

“Kita harus hindari kontak langsung dengan kipas angin, ac mobil, ac kamar atau sesuatu yang berhubungan dengan angin. Jadi misal mau masuk mobil, nyalain mobil ac-nya, kita diluar 10 detik lah. Baru kita masuk, jangan diarahin ke muka, arahin aja ke badan. Kalau naik mobil jangan dibuka kacanya kan anginnya kenceng, anginnya langsung masuk ke kuping itu lebih bahaya lagi. Terus ac kamar (kontak) langsung, kita pindahin (posisi) kasurnya,” pungkasnya.позиции сайта в яндексекуртка утепленная

Leave a Reply

comment-avatar

*